Ketika Anda Pertama Kali Bekerja


Pasti ada perasaan yang berbeda ketika anda baru lulus dan memasuki dunia kerja. Beruntung bagi yang sudah terbiasa dengan organisasi pada waktu masih di dunia pendidikan. Memasuki dunia kerja adalah harapan banyak orang. Sesuatu yang luar biasa dan memiliki kebanggaan tersendiri ketika berhasil diterima kerja setelah lulus sekolah.

Sebagaimana sebuah tempat yang baru, anda harus dengan cepat menyesuaikan diri terhadap lingkungan kerja. Dalam lingkungan kerja anda akan berbenturan dengan banyak hal, bisa dengan pekerjaan itu sendiri, rekan kerja, atasan anda, atau orang-orang yang ada di lingkungan kerja anda.
Mereka memiliki cara dan gaya yang berbeda, tentu anda memerlukan penyesuaian dengan cepat. Adaptasi yang harus anda lakukan sayangnya tidak bisa hanya mengandalkan kepintaran atau nilai anda yang tinggi. Tetapi lebih dari itu, karena jika tidak bisa beradaptasi, anda bisa dipastikan tidak nyaman menjalani proses di tempat anda bekerja.

Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan ketika anda bekerja di tempat yang baru, yaitu:

1. Lihat sekeliling anda dan pastikan anda tahu siapa atasan anda, rekan kerja anda, dan seperti apa pekerjaan anda. Bagaimana jika anda tidak tahu, tetap anda harus mencari tahu. Artinya anda harus memiliki inisiatif untuk bertanya paling tidak kepada orang yang merekrut anda.

2. Ikuti aturan kerja yang telah diberitahu kepada anda, jika tidak anda harus berinisiatif untuk bertanya.

3. Amati budaya kerja yang ada, karena setiap perusahaan memiliki gaya dan budaya kerja yang berbeda, meski berbeda dengan anda usahakan untuk tahap awal anda ikutin dan mulai belajar, kecuali budaya kerja yang merugikan perusahaan atau bertentangan dengan hukum, kalau yang ini mending anda fikir ulang untuk melanjutkan.

4. Diskusikan dengan atasan anda, jika ada pekerjaan yang belum anda pahami.

5. Selalu berkoordinasi dengan rekan kerja, terutama jika pekerjaan tersebut berkaitan dengan mereka.

6. Konsisten melakukan pekerjaan sesuai dengan uraian pekerjaan anda dan selalu memiliki pikiran terbuka untuk terus belajar serta berkembang.

7. Dari semua langkah di atas, jangan lupa untuk selalu memulai dengan doa apapun agama anda agar semua hal yang anda lakukan dalam lindungan tuhan.

Demikianlah beberapa langkah yang dapat anda lakukan ketika anda baru pertama kali bekerja. Semoga anda mendapatkan pekerjaan sesuai dengan yang anda harapkan.

 

 

Sumber : kompaskarier.com



banner job fair relasi.com 2018