9 Tips Ampuh Untuk Jobseeker Sebelum Melamar di Perusahaan


Tips para jobseeker ketika menghadapi wawancara kerja pertama kali atau kesekian kali :D 

Pertama kali yang dihadapi ketika kita semua baru selesai lulus atau bahkan sebelum lulus pake toga, kita kerap dihadapkan pada proses wawancara atau interview pekerjaan. Kita akan bertemu muka secara langsung dengan orang-orang yang menjadi perwakilan perusahaan yang kita lamar. Wawancara menjadi proses penentuan apakah kita layak mendapatkan posisi yang diimpikan pada perusahaan tersebut. Tentunya ada banyak hal yang harus dipersiapkan agar proses wawancara berjalan lancar. Berikut ada beberapa tips yang bisa di share dan semoga berguna ya .....

 

1. Cari Tahu Profil Perusahaan yang Dilamar

Ini penting vro, sist. ...Beberapa hari sebelum wawancara, pastikan kamu sempat meriset perusahaan yang kamu lamar. Ini penting agar Kamu dapat menjawab pertanyaan pewawancara seputar perusahaan tersebut. Ya setidaknya kamu tahu background perusahaan yang kamu lamar. Ibarat mau ngelamar seseorang, kamu harus tahu dong bibit bebet bobotnya doi ... 

 

2. Survey Lokasi

Ada baiknya Kamu melakukan survei tempat wawancara. Terutama bagi Kamu yang tinggal di kota yang berbeda. Ini untuk menghindari kebingungan dan mencegah keterlambatan saat mengikuti wawancara di hari H.

 

3. Datang Lebih Awal Sebelum Wawancara Dimulai

Upayakan datang lebih awal sebelum proses wawancara. Hal ini perlu dilakukan untuk mempersiapkan diri dan mengatasi kegugupan menjelang proses wawancara. Datang terlambat dilarang keras !

 

4. Berpakaian Rapi dan Formal

Berpakaianlah rapi dan formal. Kenakan pakaian yang nyaman dan tidak terlalu ketat.

 

5. Ucapkan Salam dan Jabat Tangan

Ucapkan sapaan yang ramah pada pewawancara sambil tersenyum. Kemudian sodorkan tangan untuk berjabat tangan. Genggam tangan pewawancara dengan mantap, tidak terlalu erat tapi juga tak terlalu lemah. Inget, saat menjabat tangan, genggaman tangan kamu jangan loyo, harus berenergi tapi jangan terlalu bersemangat juga ya, calm down.

 

6. Siapkan Jawaban dari Pertanyaan Wawancara

Sebelum wawancara, siapkan daftar pertanyaan yang mungkin muncul dalam proses wawancara. Siapkan pula jawaban terbaik untuk pewawancara.

 

7. Tunjukkan Semangat dan Antusiasme

Selama proses wawancara, tunjukkan semangat dan antusiasme dalam menjawab pertanyaan pewawancara. Hal ini penting karena pewawancara akan menilai keseriusan Kamu dalam melamar posisi yang diinginkan. Lakukan kontak mata dengan pewawancara dan berbicaralah dengan jelas. Usahakan tetap rileks dalam menjawab pertanyaan agar tak terlihat gugup atau terkesan agresif.

 

8. Ucapkan Terima Kasih dan Jabat Tangan dengan Pewawancara

Setelah proses wawancara selesai, ucapkanlah terimakasih pada pewawancara atas kesediaan meluangkan waktu untuk mewawancarai Kamu. Sodorkan tangan untuk berjabatan tangan dengan pewawancara sambil tersenyum.

 

9. Berdoa dan Rileks plus Minta Doa Restu Orang Tua

Jangan lupa cium tangan minta doa restu sama orang tua, banyak berdoa dalam hati semoga dilancarkan dan rileks. Dont be stress, it’s just the beginning ....

<!-- @page { margin: 0.79in } P { margin-bottom: 0.08in } -->



banner job fair relasi.com 2018