5 Alasan Kenapa Harus Resign dari Pekerjaan Secara Profesional


Mendapatkan pekerjaan yang layak memang bukanlah perkara yang mudah. Untuk satu lowongan pekerjaan bisa jadi diperebutkan oleh beberapa orang sekaligus. Namun, bagi orang yang sudah bekerja di suatu perusahaan biasanya memilih untuk resign dengan alasan tertentu. Mungkin banyak yang bertanya-tanya kenapa harus resign dari pekerjaan tersebut? Berikut ini alasan Anda harus segera resign secara profesional.

 

5 Alasan Kenapa Harus Resign dari Pekerjaan Secara Profesional

 

A. Tidak Memiliki Jenjang Karier yang Baik

Anda yang memiliki kinerja bagus di suatu perusahaan dan bahkan bisa mengerjakan semua program kerja sesuai target yang ditentukan. Akan tetapi tidak pernah mengalami kenaikan jabatan. Yang diperoleh hanya sertifikat karyawan terbaik setiap tahunnya, maka tidak ada alasan lagi untuk tetap bertahan di perusahaan tersebut.

Terlebih lagi bagi Anda yang masih muda berusia dua puluhan maka sudah saatnya keluar dan mencari pekerjaan lain yang menjanjikan jenjang karier yang lebih jelas. Jenjang karier yang jelas sangat berguna karena pendapatan yang diperoleh juga bertambah.

 

B. Masa Depan Perusahaan Makin Suram

Alasan berikutnya kenapa harus resign dari pekerjaan yang tengah dijalani adalah masa depan perusahaan yang makin suram. Jika perusahaan tempat Anda bekerja mengalami penurunan drastis mencapai 70% selama tiga bulan berturut-turut maka Anda harus waspada. Saat hal ini terjadi, tidak ada solusi jitu dari pihak perusahaan, inovasi dari para petinggi perusahaan juga tidak muncul, bahkan para manajer mulai resign.

Ketika tanda-tanda tersebut muncul segera resign dan cari pekerjaan lain, karena PHK bisa saja terjadi kapan saja. Jika Anda di PHK sebelum mendapatkan pekerjaan lain maka keadaan ekonomi keluarga menjadi tidak stabil.

 

C. Kebutuhan Bertambah Tetapi Gaji Tetap

Dengan semakin bertambahnya usia pastinya kebutuhan hidup juga bertambah, seperti kehadiran pasangan hidup dan buah hati. Kebutuhan hidup yang bertambah harus diimbangi dengan kenaikan gaji. Jika Anda bekerja di suatu perusahaan namun tidak pernah mengalami kenaikan gaji maka pilihan yang tepat adalah resign dan mencari pekerjaan lain.

Gaji yang tetap membuat Anda tidak bisa menabung dengan jumlah yang banyak, bahkan Anda harus dituntut lebih berhemat. Jika berhemat kebutuhan tersier mungkin bukan hal yang terlalu berat, namun saat harus berhemat kebutuhan pokok seperti makan, bayar listrik, bayar air, dan lainnya sudah bukan hal yang realistis lagi. Segeralah resign untuk mendapatkan penghasilan yang lebih baik.

 

D. Tidak Ada Tantangan di Tempat Kerja

Tantangan di tempat kerja bisa menjadi pelecut semangat bagi para karyawan agar terus melakukan inovasi dalam bekerja. Tidak adanya tantangan di tempat kerja bahkan bisa menjadi alasan kenapa harus resign dari pekerjaan secara profesional. Mungkin Anda sudah nyaman di tempat bekerja dan mendapatkan benefit yang menguntungkan, semua tugas bisa dikerjakan dengan cepat sehingga terkesan santai.

Hal ini menjadikan tidak ada lagi tantangan dalam pekerjaan. Untuk mengatasinya bicaralah dengan atasan agar Anda dipromosikan ke jabatan yang lebih tinggi agar tanggung jawab yang ada lebih besar tentunya dengan gaji yang sesuai. Jika hal ini mustahil untuk diwujudkan segeralah resign agar kemampuan Anda bisa terus berkembang.

 

E. Mengganggu Kehidupan Anda

Pekerjaan merupakan hal yang penting, namun jangan sampai karena bekerja Anda tidak memiliki waktu untuk liburan, bersosialisasi dengan teman serta keluarga. Jika pekerjaan yang Anda geluti menyita banyak waktu pribadi Anda, maka resign merupakan pilihan yang tepat untuk mencari pekerjaan lain dengan beban pekerjaan yang lebih wajar. 

Dari beberapa alasan kenapa harus resign dari pekerjaan tersebut mungkin saja sedang Anda alami. Jika iya maka pertimbangkan dengan baik langkah yang hendak diambil agar tidak menyesal di kemudian hari.


image : personalbrandingblog.com


banner job fair relasi.com 2018