5 Tips Menghadapi Stres Kerja Agar Produktif dan Tidak Galau


Dalam bekerja biasanya kita mendapatkan tekanan dan juga tuntutan dari atasan kita. Hal ini sebenarnya wajar. Karena dalam perkerjaan pastinya ada target-target pekerjaan yang harus selesai tepat pada deadline  yang sudah ditentukan. 

Namun, biasanya kita akan kesulitan menyelesaikan pekerjaan  karena kita kurang mampu manage waktu. Misalkan kita bekerja di sebuah jasa yang menerima penulisan artikel, kita di berikan deadline 24 jam untuk menyelesaikan 10 artikel yang diberikan dengan masing-masing artikel 1000 kata. Maka kita harus mempunyai target yang diterapkan pada diri kita sendiri, misalkan 1000 kata itu untuk satu artikel harus selesai dalam waktu 2 jam.

Namun biasanya kita sering mengerjakannya dengan waktu yang mepet dengan deadline yang sudah ditentukan. Alhasil selain lelah kita juga merasa stres dengan tuntutan pekerjaan yang diberikan. Jadi stres sendiri adalah sebuah perasaan kejiwaan yang terjadi karena kita merasa kurang nyaman pada suatu keadaan. Buat anda yang sedang mengalami stres, berikut ada tips menghadapi stres kerja yang bisa membantu mengurangi stres yang anda derita.

5 Tips Menghadapi Stres Kerja yang Terbukti Ampuh 

1. Buat rencana kerja

Setiap pekerjaan pastinya menerapkan sebuah target dan juga peraturan-peraturan yang diterapkan untuk mencapai hasil yang maksimal. Namun target ini sering di salah artikan oleh karyawan. Mereka menganggap target ini menjadi sebuah tuntutan kerja yang membuat mereka merasa tidak nyaman dan timbul stres.

Padahal stres ini bisa anda hindari dengan membuat sebuah rencana pekerjaan. Atur waktu anda sebaik mungkin. Sebaiknya anda menerapkan target untuk diri anda pribadi. Misalkan anda diberikan setumpuk pekerjaan oleh atasan anda, lalu sebaiknya anda mengelola waktu anda sendiri apa yang harus saya kerjakan dan bagaimana caranya agar waktu yang diberikan oleh atasan anda bisa efektif. 

Rasa stres yang timbul bisa mengakibatkan kurangnya produktivitas anda. Tuntutan dari atasan untuk menyelesaikan pekerjaan justru malah bisa membuat anda malas untuk mengerjakan dan produktivitas anda pun berkurang. Rencana dengan baik bagaimana anda mengelola pekerjaan yang diberikan untuk anda. Terbukti menjadi sebuah tips menghadapi stres kerja yang ampuh, karena anda tidak merasa pekerjaan anda sebagai beban.

 

2. Berlibur

Jadwal bekerja yang padat di tambah lagi setumpuk pekerjaan yang harus diselesaikan kadang membuat kita galau. Kita sering sekali merasa stres dengan target tersebut, sehingga sering membuat kita marah-marah tidak jelas bahkan stres juga bisa membuat kita jatuh sakit.

Tips menghadapi stres kerja yang bisa anda lakukan adalah dengan berlibur. Coba luangkan waktu untuk memanjakan diri anda melihat dunia di luar pekerjaan dan ruang lingkup rumah anda. Dijamin sepulang berlibur anda bisa mendapatkan ketenangan.

 

3. Memanjakan diri

Untuk menghilangkan stres anda bisa pergi ke salon atau tempat perawatan tubuh. Untuk wanita maupun laki-laki cara ini bisa digunakan. Anda akan mendapatkan pijatan atau perawatan tubuh lainnya yang bisa menghilangkan stres dengan memanjakan tubuh anda. 

 

4. Target diri pribadi

Usahakan anda bekerja mempunyai target untuk apa. Misalkan anda bekerja karena ingin memiliki sebuah rumah idaman. Maka dengan target itu, saat anda merasa stres dan kurang nyaman dengan pekerjaan, anda akan kembali semangat karena masih ada mimpi target yang harus anda kejar. 

 

5. Bersyukur

Saat stres biasanya anda mulai malas bekerja. Coba pikirkan tips menghadapi stres kerja yaitu dengan bersyukur. Mungkin saat stres membuat pekerjaan terasa berat. Namun percayalah seberat apa pun pekerjaan anda saat ini akan lebih berat lagi saat anda tidak bekerja. 

 

image : personneltoday.com



jakarta career fair 2019 relasio.com 27-28 juni