Ketahui Arti Profesionalisme & Manfaatnya


Arti Profesionalisme memang harus diketahui oleh masyarakat, terutama mereka yang memiliki pekerjaan dan sejenisnya. Jika kalian belum mengetahui arti dari profesionalisme maka kita dapat mencari informasi tersebut dan memahaminya.

Profesional sendiri termasuk orang yang memiliki pekerjaan atau profesi. Pekerjaan tersebut dilakukan dengan kemampuan dan orang tersebut akan berpegang teguh pada nilai moral yang terarah serta sesuai dengan dasar perbuatan.

Untuk seseorang yang profesional juga harus memiliki keahlian, supaya bisa melalui proses pendidikan dan mendapatkan semangat saat melakukan kegiatan kerja.

 

Ketahui Arti Profesionalisme & Manfaatnya

Pengertian Profesionalisme

Arti dari profesionalisme sama dengan orang yang hidup dengan cara mempraktekkan keterampilan yang mereka miliki dan terlibat dengan kegiatan yang sesuai dengan keahliannya tersebut.

Profesionalisme sama dengan orang yang menjalankan profesi atau pekerjaan tapi sesuai dengan keahlian. Karena di Indonesia sendiri ada cukup banyak pekerja yang tidak sesuai antara sekolah, pekerjaan dengan keahlian mereka.

Untuk arti dari profesionalisme menurut beberapa ahli, berarti mendefinisikan diri mereka sebagai perangkat atribut yang dibutuhkan untuk menunjang tugas supaya sesuai standar kerja yang diinginkan.

Ada juga yang memberikan arti profesionalisme sebagai gambaran bentuk kemampuan untuk mengenali kebutuhan masyarakat, memprioritaskan pelayanan, menyusun agenda dan mengembangkan program pelayanan sesuai kebutuhan.

Selain itu seorang profesional juga harus bisa bertindak secara objektif, bebas dari rasa benci, sentimen, malu, malas dan enggan untuk mengambil keputusan. Perhatikan juga 3 hal pokok pada sesorang yang memiliki sikap profesional. Mulai dari:

 

  1. Skill
  2. Attitude
  3. Knowledge

 

Skill sendiri merupakan keahlian yang benar-benar dimiliki oleh orang tersebut sesuai keahliannya. Sedangkan knowledge berarti orang tersebut harus menguasai, berwawasan ilmu sesuai dengan bidangnya.

Untuk attitude berarti orang tersebut tidak hanya pintar, tapi juga harus memiliki etika yang harus diterapkan pada bidang yang mereka pilih.

 

Manfaat Bekerja Secara Profesional

Saat kita sukses bekerja maka pencapaian tersebut menjadi dambaan semua karyawan. Hal tersebut juga akan sejalan dengan wawasan dan pengetahuan dalam bekerja sampai mendapatkan karier yang akan meningkat secara terus menerus.

Selain itu target, prestasi akan lebih mudah dicapai dan taraf hidup menjadi lebih baik. Karena dengan bekerja secara profesional sendiri berarti kita melakukan semua kegiatan dengan memperhatikan kualitas dan hasil.

Dalam islam profesionalitas disepadankan dengan kata al-‘itqan yang memiliki arti rapi atau profesional. Dengan bekerja secara profesional tersebut kita juga akan hidup lebih baik, karena semua keinginan lebih mudah dicapai.

Bekerja profesional juga akan mendatangkan manfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Diri sendiri menjadi lebih termotivasi saat bekerja, memiliki rasa semangat atau niat yang tulus dan membuat semua pekerjaan menjadi lebih ringan.

 

Ciri-ciri Profesionalisme

Seseorang yang memiliki jiwa profesional, maka akan senantiasa mendorong diri mereka untuk mewujudkan kerja yang lebih profesional. Sedangkan kualitas dari seseorang yang profesional sendiri dapat dilihat dengan ciri-cirinya.

Mulai dari memiliki keinginan untuk selalu menampilkan perilaku atau sikap yang bisa dijadikan sebagai contoh yang baik. Mereka juga akan berusaha memelihara dan meningkatkan perilaku profesional melalui perilaku profesional. Bentuk perwujudan ini dilakukan dengan beberapa cara. Seperti cara berbicara, penampilan, penggunaan bahasa yang baik, sikap hidup sehari-hari dan sikap tubuh.

Selain itu orang yang profesional juga memiliki ciri-ciri dengan keinginan untuk selalu mengejar banyak kesempatan. Hal ini dilakukan sebagai pengembangan profesional mereka supaya dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas pengetahuan sampai keterampilan yang dimiliki. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang arti profesionalisme dan yang lainnya dapat Klik di sini.

 

image : agussulaiman91.blogspot.co.id



banner job fair relasi.com 2018