6 Cara Sukses Jadi Web Programmer


Sukses Jadi Programmer saat ini tidak sulit, karena kita sudah bisa menemukan banyak cara atau tips yang bisa dilakukan untuk menjadi seorang programmer yang sukses sesuai dengan keinginan kita.

Sedangkan untuk menjadi programmer tidak semua orang harus melalui jalur pendidikan formal. Di Indonesia sendiri memang ada banyak kampus dengan program studi Ilmu Komputer atau Teknik Informatika. Tapi tidak banyak mata kuliah yang akan membahas tentang programming, karena kebanyakan memberikan teori tentang sains komputer.

 

6 Cara Sukses Jadi Web Programmer

Untuk menjadi programmer bagi kalian yang gaptek teknologi, dapat mempelajari tentang web programming terlebih dahulu. Seperti HTML, CSS, PHP sampai dengan JavaScript.

Tidak semua programmer harus kuat matematika, kita cukup mengetahui dasarnya. Hal ini juga masih sering menjadi hal yang cukup menakutkan untuk para pemula. Sedangkan dalam praktiknya, jarang membutuhkan matematika yang harus menggunakan rumus rumit seperti aljabar, kalkulus, limit, turunan dan yang lainnya.

 

A. Kuasai Dasar Algoritma

Algoritma merupakan inti dari semua programming dan cukup mudah untuk dipelajari. Kita hanya membutuhkan konsep logika dasar dan melakukan prosedur langkah demi langkah untuk memulai perhitungan.

Karena dalam implementasi programming, algoritma dimulai dari memikirkan apa saja yang ada dalam input program tersebut. baru kita harus memikirkan bagaimana pemrosesan nya. Mulai dengan awal yang berurutan sampai selesai dan bagaimana saat output. Algoritma juga memiliki konsep dasar seperti:

1.Konstanta

2.Variabel

3.logika IF

4.Tipe data

5.Function

6.Perulangan

 

Jadi untuk kalian yang ingin belajar programming, harus meluangkan waktu supaya bisa mempelajari konsep dan langkah-langkah logaritma yang ada. Dengan memulainya dari dasar, maka hal tersebut dapat memperdalam konsep algoritma.

 

B. Belajar Bahasa Inggris

Supaya kita bisa sukses jadi programmer dan profesional, maka kita wajib bisa berbahasa Inggris. Minimal bahasa Inggris pasif yang bisa digunakan untuk membaca saja.

Hal ini perlu dilakukan karena dalam semua ilmu programming, bahasa yang digunakan masih berasal dari bahasa Amerika atau Eropa. Sedangkan buku pemrograman sendiri di Indonesia cukup banyak, hanya saja rata-rata buku merupakan pemrograman dasar dan buku tingkat lanjutnya masih cukup langka.

 

C. Lakukan Coding Sesering Mungkin (latihan)

Saat kita belajar pemrograman, kita juga harus sering latihan melakukan coding dan mencoba hal baru. Seperti mengetes hal yang sama, dilakukan ke kanan dan ke kiri supaya kita bisa sukses jadi programmer.

Jadi jika kita bisa membuat aplikasi kalkulator sederhana untuk hari ini, maka besok kita sudah bisa mencoba untuk membuat aplikasi konversi suhu. Hari berikutnya lagi kita bisa mencoba membuat aplikasi penghitung dari bunga kredit.

Dengan begitu kemampuan analisis yang kita miliki juga akan segera meningkat. Terutama dengan latihan dan mencoba untuk memecahkan masalah baru yang selalu datang.

 

 

D.Mencari Sumber Dengan Tutorial Lengkap

Saat kita ingin belajar apapun, maka kita akan membutuhkan sumber yang belajar yang tepat. Hal ini juga berlaku saat kita ingin mempelajari tentang programming, terutama untuk para pemula.

Dalam usaha tersebut kita juga membutuhkan cara atau tips belajar yang sesuai, jangan mengambil sumber secara sebarangan dan pilih sumber yang memiliki data lengkap. Karena jika kita belajar tentang pemrograman secara terpisah, maka akan lebih membingungkan lagi.

 

E.Sering bertanya & diskusi

Jika kita kesulitan belajar kita dapat bertanya kepada guru atau teman yang lebih mahir dari pada kita. Sekarang ini banyak forum tanya jawab di internet, seperti stackoverflow atau forum di facebook pun ada, Salah satu nya forum facebook PHP programmer

 

F. Tampilkan di muka publik

Setelah berlatih programming saat anda mencoba program anda untuk publish ke publik. Anda pun bisa publish di shared hosting atau membeli VPS Cloud Server.

Agar program kamu banyak dilihat dan direview oleh orang lain, sehingga kamu tau salah dan benar program kamu 

 

Jadi cari sumber yang menyediakan tutorial & materi lengkap supaya dapat mempermudah kita dalam belajar yang kemudian dapat dipraktekan secara langsung dan sukses jadi programmer. Anda bisa Klik di sini untuk informasi dan langkah-langkah selanjutnya.


images : https://medium.com/


banner job fair relasi.com 2018